Contoh Peran dan Fungsi Keragaman budaya di Indonesia

Materi : IPS Kelas 8 
Isi Materi : Peran dan Fungsi Keragaman Budaya di Indonesia
Kurikulum : 2013 , Semester : 1 , Bab : 2 
Soal : Aktivitas Kelompok , Halaman : 115 
Pembahasan : Contoh Peran dan Fungsi Keragaman budaya di Indonesia

Jawaban soal Contoh Peran dan Fungsi Keragaman budaya di Indonesia


Aktivitas Kelompok

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 Orang
2. Carilah Sumber dari buku atau internet tentang contoh Peran dan fungsi Keragaman budaya di Indonesia
3. Tuliskan Kesimpulanmu di dalam kertas.
4. Presentasikan hasil simpulan di dalam kelas.
5. Tuliskan simpulan hasil diskusi kelas dan bagikan ke seluruh siswa.

Jawaban :
a. Tertanamnya sikap toleransi
Bangsa Indonesia yang kaya dengan berbagai macam budaya dan hidup berdampingan dalam satu wilayah yang sama, menyebabkan munculnya rasa saling menghargai dan muncul kesadaran bahwa pada dasarnya setiap manusia mempunyai perbedaan. Kesadaran inilah yang menjadikan seluruh rakyat Indonesia bisa hidup berdampingan secara damai dan saling toleransi.

b. Sebagai daya tarik untuk bangsa asing
Budaya Indonesia merupakan salah satu daya tarik utama bagi wisatawan luar negeri untuk datang ke Indonesia. Sebagai contoh pagelaran sendratari ballet ramayana yang diselenggarakan di Candi Prambanan Yogyakarta merupakan kebudayaan yang menarik bagi wisatawan untuk datang ke Jogja. Selain seni tari, terdapat pula hasil budaya lain yang bisa menjadi daya tarik wisatawan misalnya: Cinderamata, kerajinan, kuliner, batik, dan lain sebagainya.


c. Untuk mengembangkan kebudayaan nasional
Kebudayaan nasional merupakan perwujudan dari kebudayaan- kebudayaan daerah. Kekayaan budaya daerah yang berlimpah yang dimiliki bangsa Indonesia menjadi sumber dari kekayaan budaya nasional. Kebudayaan itu memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain dan rakyat Indonesia bangga dan melestarikan budaya tersebut. Contohnya : Baju batik yang merupakan kebudayaan nasional yang sudah diakui dunia sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Tetapi batik pada setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing yang mewakili tempat batik itu dibuat. Motif batik yang bermacam-macam tersebut bisa menambah kekayaan b
udaya nasional.

d. Mendorong inovasi kebudayaan
Melakukan inovasi kebudayaan yang baru untuk memperbaiki dan mengikuti perkembangan zaman perlu selalu dilakukan agar kebudayaan bisa diterima oleh masyarakat dan mempunyai sifat yang lebih baik. Misalnya : Bercocok tanam yang berbeda-beda dari masing-masing daerah bisa diperbaiki dengan menambahkan alat-alat yang lebih modern. Sehingga hasil pertanian bisa lebih banyak dan tidak tergantung dengan kondisi alam.

e. Saling melengkapi hasil budaya
Kebudayaan selalu berkembang dengan berbagai kreasi baru, tetapi perkembangan tersebut tidak selalu sempurna. Maka dari itu perlu adanya budaya lain yang bisa melengkapi kekurangannya. Kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia bisa saling melengkapi satu dengan lainnya sehingga memperkaya khazanah budaya nasional. Contohnya : Seni membatik yang mulanya berkembang di daerah Jawa Tengah, kemudian berkembang dengan memadukan budaya lokal yang ada di berbagai daerah sehingga batik sekarang mempunyai berbagai macam motif yang khas pada setiap daerah

Demikianlah Jawaban Soal Contoh Peran dan Fungsi Keragaman budaya di Indonesia. semoga bermanfaat

0 comments

Post a Comment