Contoh Contoh Wujud Kebudayaan yang terdapat di lingkungan

Materi : IPS Kelas 8
Isi Materi : Contoh Contoh Wujud Kebudayaan yang terdapat di lingkungan
Kurikulum : 2013 , Semester : 1 , Bab : 2
Soal : Aktivitas Kelompok , Halaman : 107
Pembahasan : Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan
jawaban soal : Contoh Contoh Wujud Kebudayaan yang terdapat di lingkungan


Ringkasan Materi:
Menurut ahli sosiologi bernama J.J. Hoenigman menyampaikan pendapat bahwa terdapat tiga wujud budaya yang ada dalam masyarakat yang terdiri atas: Gagasan, tindakan dan karya.
1. Gagasan atau wujud ideal
Gagasan merupakan wujud budaya tidak terlihat atau abstrak yang mempunyai bentuk berupa gagasan, ide, norma, nilai dan lain sebagainya. Gagasan masih dalam alam pikiran manusia sehingga wujudnya tidak bisa disentuh maupun diraba. Hampir semua manusia mempunyai gagasan dalam hidupnya, dan dia menyimpan gagasan itu di dalam sanubarinya yang nantinya dia bisa dijadikan wujud lain dari kebudayaan.
2. Aktivitas atau tindakan
Wujud-wujud kebudayaan selanjutnya adalah aktivitas yang merupakan kegiatan manusia yang memiliki pola tertentu dalam masyarakat. Aktivitas di sini menunjukkan bahwa manusia melakukan sesuatu dengan saling bertemu dan berinteraksi untuk mengadakan kontak sosial dengan manusia lainnya dengan pola-pola yang sesuai dengan adat dan tata kelakuan yang berlaku dalam masyarakat. Aktivitas atau tindakan ini sifatnya terlihat dan konkret sehingga bisa diamati serta didokumentasikan.
3. Artefak atau Karya
Artefak merupakan wujud akhir dari sebuah kebudayaan, artefak dihasilkan dari sebuah gagasan yang dibentuk dalam tindakan yang muaranya nanti menjadi artefak. Artefak berbentuk konkrit dan nyata, bisa berupa benda, buku, undang-undang yang dibukukan dan lain sebagainya.

Soal :
Aktivitas Kelompok
1. Bentuklah Kelompok beranggota 3-4 orang.
2. Diskusikan tentang 3 wujud kebudayaan
3. Carilah contoh - contoh wujud kebudayaan yang terdapat di lingkungan tempat tinggalmu
4. Tuliskan hasil diskusimu pada tabel di bawah ini

No Gagasan Tindakan Karya
1 keinginan membuat irigasi sawah gotong royong masyarakat membuat saluran irigasi saluran irigasi yang sudah jadi dan bisa mengairi sawah.
2 motif batik pembuatan batik berdasarkan kaidah-kaidah pembuatan batik kain batik dan baju batik
3 Kepercayaan terhadap benda pusaka siraman atau membersikan benda pusaka keris dan benda pusaka lainnya.
4 Rasa syukur hasil laut yang melimpah petik laut perahu dan jaring
5 ide menulis cerita kegiatan menulis cerita buku cerita

5. Bandingkan hasil Kerja Kelompokmu dengan Kelompok lainnya untuk memperoleh masukan Demikianlah Contoh Contoh Wujud Kebudayaan yang terdapat di lingkungan. semoga bermanfaat

1 comments:

  1. Stainless Steel T-Shirts - T-Shirts - iTaniumArt
    T-Shirts. titanium guitar chords Classic titanium exhaust tips T-Shirts: Stainless titanium damascus Steel T-Shirts · T-Shirts · T-Shirts. 출장마사지 T-Shirts · T-Shirts. T-Shirts. T-Shirts. titanium earrings sensitive ears

    ReplyDelete